A. RASIONAL
Pendidikan adalah modal utama bagi suatu bangsa dalam upaya meningkatkan kualitas sumberdaya manusia yang dimilikinya. Sumberdaya manusia yang berkualitas akan mampu mengelola sumber daya alam dan memberi layanan secara efektif dan efisien untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu, hampir semua bangsa berusaha meningkatkan kualitas pendidikan yang dimilikinya, termasuk Indonesia.
Kualitas sumberdaya manusia dapat dilihat dari kemampuan atau kompetensi yang dimiliki lulusan lembaga pendidikan, seperti sekolah. Sekolah memiliki tugas untuk mengembangkan potensi peserta didik secara optimal menjadi kemampuan untuk hidup di masyarakat dan mensejahterakan masyarakat. Setiap peserta didik memiliki potensi dan sekolah harus mengetahui potensi yang dimiliki peserta didik. Selanjutnya sekolah merancang pengalaman belajar yang harus diikuti peserta didik agar memiliki kemampuan yang diperlukan masyarakat. Dengan demikian potensi peserta didik akan berkembang secara optimal.
Pada dasarnya peningkatan kualitas pendidikan berbasis pada sekolah. Sekolah merupakan basis peningkatan kualitas, karena sekolah lebih mengetahui masalah yang dihadapi dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Sekolah berfungsi sebagai unit yang mengembangkan kurikulum, silabus, strategi pembelajaran, dan sistem penilaian. Dengan demikian manajemen sekolah merupakan basis peningkatan kualitas pendidikan. Oleh karena itu penerapan manajemen berbasis sekolah merupakan usaha untuk memberdayakan potensi yang ada di sekolah dalam usaha meningkatkan kualitas pendidikan.
Upaya yang dilakukan pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan bagi Bangsa Indonesia adalah diterbitkannya Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Dalam Pasal 3 Undang-undang No. 20 Tahun 2003 itu dijelaskan bahwa Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warganegara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Tujuan pendidikan tidak hanya mengembangkan potensi peserta didik menjadi manusia berilmu, cakap, dan kreatif saja tetapi juga sehat, mandiri, demokratis, bertanggung jawab, serta berakhlak mulia. Untuk mewujudkan tujuan ini Pemerintah menetapkan standar nasional pendidikan yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Dalam peraturan pemerintah ini dijelaskan bahwa Standar Nasional Pendidikan meliputi: 1) standar isi, 2) standar kompetensi lulusan, 3) standar proses 4) standar pendidik dan tenaga kependidikan, 5) standar sarana dan prasarana, 6) standar pengelolaan, 7) standar pembiayaan, dan 8) standar penilaian pendidikan.
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang dikembangkan oleh masing-masing sekolah seharusnya berbasis kompetensi. Menurut Wilson (2001) paradigma pendidikan berbasis kompetensi yang mencakup kurikulum, pedagogi, dan penilaian menekankan pada standar atau hasil. Hasil belajar yang berupa kompetensi dicapai peserta didik melalui proses pembelajaran yang dilaksanakan dengan menggunakan pedagogi yang mencakup strategi mengajar atau metode mengajar. Tingkat keberhasilan pembelajaran yang dicapai peserta didik dapat dilihat pada hasil ujian atau tugas-tugas yang dikerjakan peserta didik.
Mengingat pentingnya peningkatan mutu pendidikan di SMP AR-RAHMAT Weragati Palasah, maka perlu sekiranya bagi seluruh instrumental input untuk melaksanakan IHT sebagai bentuk Implementasi KTSP dari amanat Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
B. Landasan
1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
2. Permendiknas Nomor 22 tahun 2006 tentang standar isi.
3. Permendiknas Nomor 23 tahun 2006 tentang standar kompetensi lulusan
4. Permendiknas Nomor 6 tahun 2007, sebagai penyempurnaan Permendiknas Nomor 24 tahun 2006 tentang pelaksanaan Permendiknas Nomor 22 dan 23 tahun 2006.
5. Permendiknas Nomor 12 tahun 2007 tentang standar pengawas sekolah.
6. Permendiknas Nomor 13 tahun 2007 tentang standar kepala sekolah.
7. Permendiknas Nomor 16 tahun 2007 tentang standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru.
8. Permendiknas Nomor 18 tahun 2007 tentang sertifikasi guru dalam jabatan.
9. Permendiknas Nomor 19 tahun 2007 tentang standar pengelolaan pendidikan.
10. Permendiknas Nomor 20 tahun 2007 tentang standar penilaian pendidikan
11. Permendiknas Nomor 24 tahun 2007 tentang standar sarana dan prasarana pendidikan.
12. Permendiknas Nomor 41 tahun 2007 tentang standar proses.
C. Tujuan
Program ini bertujuan untuk:
1. Menyusun Kurikulum SMP AR-RAHMAT Weragati Palasah Tahun Pelajaran 2011-2012;
2. Menyamakan persepsi kepada peserta tentang penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SMP AR-RAHMAT Weragati Palasah, agar mampu melaksanakan peran dan fungsinya dengan baik.
D. Hasil Yang diharapkan
Secara khusus dengan program ini , hasil yang diharapkan yaitu :
1. Tersusunnya Kurikulum SMP AR-RAHMAT Weragati Palasah Tahun Pelajaran 2011-2012
2. Adanya kesamaan persepsi kepada peserta tentang penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SMP AR-RAHMAT Weragati Palasah, agar mampu melaksanakan peran dan fungsinya dengan baik.
E. Nama
Kegiatan ini bernama:
IN HAUSE TRAINING
Penyusunan KTSP SMP Ar-Rahmat Weragati Palasah Tahun Pelajaran 2011-2012
F. Panitia Peserta dan Pemateri
1. Panitia
Panitia dalam kegiatan ini adalah staf guru SMP Ar-Rahmat Weragati yang dipilih dan disahkan oleh Surat Keputusan Kepala Sekolah dengan Nomor: 071/SMP-ARRAHMAT/A/X/2011 (SK terlampir).
2. Peserta
Peserta adalah para guru dan staf administrasi yang berjumlah 19 orang (daftar peserta terlampir).
3. Pemateri
Pemateri dalam kegiatan ini adalah para ahli di bidang administrasi pendidikan yang dipilih pihak sekolah yang berjumlah 4 orang (daftar pemateri terlampir).
G. Waktu dan Tempat Kegiatan
Kegiatan ini Insya Allah akan dilaksanakan pada :
Hari : Jumat – Sabtu
Tanggal : 25-26 November 2011
Tempat : Aula Pondok Pesantren Ar-Rahmat
(Jadwal kegiatan terlampir)
H. Anggaran Biaya Kegiatan
Biaya yang diperlukan dalam kegiatan ini terhitung???????????????.( Rincian Biaya terlampir ) .
Biaya yang diperlukan dalam kegiatan ini terhitung???????????????.( Rincian Biaya terlampir ) .
SUSUNAN PANITIA
IN HAUSE TRAINING
Penyusunan KTSP SMP Ar-Rahmat Weragati Palasah Tahun Pelajaran 2011-2012
Pelindung : Pembina Yayasan Ar-Rahmat
Drs. H. Ena Sarya Soemarna, SH. CN.
Penasihat : Ketua Yayasan Ar-Rahmat
Drs. H. Adib, M. Ag.
Penanggung Jawab : Kepala SMP Ar-Rahmat
Ust. Herdis, SE
Waka. Kurikulum
Ustd. Ika Kartikasari, S.Pd.
Waka Kesiswaan
Ust. Icuk Sutrisno, S.Pd.I
Ketua Panitia : Ust. Iwan Kurniawan, S.Pd.I
Skretaris : Ust. Ahmad Usamah
Bendahara : Ustd. Riska Sari Anggraeni
Koordinator
Acara : Ust. Diki, S.Pd.I
Konsumsi : Ustd. Fika Fihriyyah, S.Pd.
Kesekretariatan : Ustd Nenih, S.Pd.I
Pubdokak : Ust. Fikri, ST
Konsumsi : Ust. Fika S.Pd.
ANGGARAN BIAYA
IN HAUSE TRAINING
Penyusunan KTSP SMP Ar-Rahmat Weragati Palasah Tahun Pelajaran 2011-2012
A. ACARA
- Pemateri 4 orang @ 200.000 Rp. 800.000
- Penyewaan LCD @????????? RP. ????????
- Biaya Komunikasi Rp. 20.000 +
Jumlah Rp. ??????????
B. KESEKRETARIATAN
- Piagam 13 buah @ 2.000 Rp. 36.000
- Photo Copy Rp. 200.000
- ATK
Kertas 2 Rim
Ball poin 1 pak @ 30.000 Rp. 30.000
Pensil 1 pak @??????? RP. ??????????????????
Penghapus @??????? RP. ??????????????????
4. Spanduk 1 buah @ 50.000 Rp. 50.000
- Dokumentasi Rp. 50.000
Jumlah Rp. ?????????
C. KONSUMSI
a. Makan
1. Peserta 4 x 17 orang @ 10.000 RP. ??????????????????
2. Pemateri 4 orang @ 12.500 RP. ??????????????????
b. Snack 2 x 17 orang @ 5.000 RP. ??????????????????
c. Air 3 galon @ 4.000 Rp. 12.000 +
Jumlah Rp. ???????
_______________________________________________RENCANA BIAYA PEMASUKAN
1. Bantuan Pemerintah RP. ??????????????????
2. KAS Sekolah RP. ??????????????????
3. Yayasan RP. ??????????????????
Jumlah RP. ??????????????????
JADWAL ACARA
IN HAUSE TRAINING
Penyusunan KTSP SMP Ar-Rahmat Weragati Palasah Tahun Pelajaran 2011-2012
No. | Hari/ Tanggal | Waktu | Kegiatan | Penangungjawab | Ket. |
1. | 08.00-08.30 | Pembukaan 1. Pembacaan Ayat Suci Al-Quran Oleh: ___________________ 2. Sambutan-Sambutan a. Ketua Panitia b. Kepala Sekolah c. Ketua Yayasan sekaligus membuka 3. Penutup Doa | Kor. Acara Kor. Konsumsi | ||
2. | 08.30- |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar